Kisah Sejarah perkembangan sel surya pembangkit listrik tenaga matahari yang sangat menginspirasi

Kisah Sejarah perkembangan sel surya pembangkit listrik tenaga matahari yang sangat menginspirasi

bismillahirrohmanirrohim

Matahari

Tidak dapat dipungriki dan dikhianati lagi bahwa energi matahari adalah energi alam yang paling banyak manfaatnya, paling besar kekuatannya, , dan paling dirasa anugrah dari sang pencipta-Nya. Bumi tanpa matahari bagaikan dirimu tanpanya (maksud loh)??

Bumi tanpa matahari pasti tidak akan dapat kita huni bersama. Dengan adanya matahari, tumbuhan bisa berfotosintesis dan memberikan oksigen untuk dihirup, dengan adanya matahari jemuran dirumah bisa kering, dengan adanya matahari siklus angin dapat bekerja dengan baik, dengan adanya matahari suhu dibumi sangat stabil serta banyak lagi manfaatnya.

Hal ini dibuktikan semenjak peradaban kuno. Bangsa Yunani, Romawi, Mesir, Hindu, sinto dan lain-lain menyembah matahari dalam berbagai bentuk. Mereka telah mengembangkan berbagai bentuk. Mereka juga menggunakan energi matahari sebagai pemanas, cahaya, dan lain-lain.

Listrik

tidak terbendungkan lagi kekuatannya, sekarang ini Energi buatan yang paling dirasakan nikmatnya dan yang paling banyak digunakan adalah energi listrik. Saya tidak main-main berbicara seperti ini. ada banyak alasan, salah satunya karena energi listrik adalah energi yang dapat dikompersikan atau diaplikasikan pada berbagai kebutuhan yang sangat penting.

Energi listrik adalah energi yang paling mudah diaplikasikan pada gaya gerak pada motor listrik, energi penerangan pada lampu, energi panas pada Heater, energi suara pada speaker dan energi audio visual pada komputer dan lain-lain.

Dengan mengkombinasikan kekuatan energi matahari yang luar biasa dahsyat pada energi listrik yang paling mudah diaplikasikan pada berbagai kebutuhan akan membuat sebuah energi yang tidak terbatas, hemat, dan sangat bermanfaat untuk umat manusia.

Oleh karena dorongan impian luar biasa itu, para ilmuan berbondong-bondong untuk belajar, meneliti dan menguji untuk dapat memanfaatkan energi luar biasa dari matahari sehingga dapat dikompresikan pada energi listrik. Dan pada akhirnya ditemukanlah sebuah panel surya sebagai pembangkit listrik tenaga matahari.

Namun, tahukah kamu bagaimana perjuangan para ilmuan sehingga mampu menemukan sebuah alat yang dinamakan panel surya ini? mari kita ulas kisah menaksubkan dari para peneliti yang telah berjuang menemukan alat ini.
Kisah Sejarah perkembangan sel surya pembangkit listrik tenaga matahari yang sangat menginspirasi


Sejarah awal

Awal dari penemuan listrik tenaga matahari ini adalah ketika seorang ahli fisika asal Prancis yang bernama Alexandre Edmond Becquerel pada tahun 1839. Awal penelitiannya, dia mencoba menyinari dua buah electrode dengan berbagai macam cahaya, cahaya api, serta cahaya lainnya, tetapi sayang, masih belum menemukan hasil yang diharapkan.
Kisah Sejarah perkembangan sel surya pembangkit listrik tenaga matahari yang sangat menginspirasi

Berbeda dengan kita, Alexandre Edmund Becquerel tidak menyerah begitu saja dan terus berusaha agar dapat menemukan cahaya yang nantinya dapat diubah menjadi energi. Terus berusaha meskipun tidak pernah menemukan hasil.

34 tahun berlalu, tepatnya pada tahun 1873, seorang ilmuan bernama Willoughby Smith mnemukan selenium yang berfungsi sebagai suatu elemen photo conductivity. Membawa sedikit angin segar dan harapan agar cahaya menghasilkan energi dapat terwujud.

Terinspirasi dari Alexandre Edmund Becquerel, pada tahun 1876 william Grylls bersama dengan muridnya Richard Evans day mengungkapkan bahwa selenium dapat mengubah tenaga matahari secara langsung menjadi listrik tenpa ada bagian bergerak atau panas.

Hingga pada tahun 1883 charles Fritz mencoba melakukan penelitian dengan melapisi semikonduktor selenium dengan lapisan emas yang sangat amat tipis. Photovoltaic yang dibuatnya menghasilkan efisiensi kurang dari 1%.

Perkembangan-perkembangan terus berlanjut, memakan waktu cukup lama. Perkembangan berikutnya, berhubungan dengan penemuan Albert Einstein tentang efek Fotolistrik pada tahun 1904. Berlanjut cukup lama, pada tahun 1927, photovoltaic (tenaga surya) dengan tipe yang baru dirancang menggunakan tembaga dan semi konduktor copper oxide. namun kombinasi ini juga hanya bisa menghasilkan efisiensi masih kurang dari 1%.

Pada tahun 1941, seorang peneliti bernama Russel Ohl berhasil mengembangkan teknolgi sel surya dan dikenal sebagai orang pertama yang membuat paten peranti panel surya modern. Bahan yang digunakannya ketika itu adalah semi konduktor berjenis silicon dan mampu menghasilkan efesiensi berkisar 4%.
Kisah Sejarah perkembangan sel surya pembangkit listrik tenaga matahari yang sangat menginspirasi

Karena para ilmuan sudah mendapat pencerahan dan mulai menemukan hasil, dengan berpatokannya pada teori enstein, banyak ilmuan dari berbagai negara (kecuali Indonesia) yang kembali mencoba mengembangkan teori tersebut.

Hingga pada akhirnya, pada tahun 1954 Pihak Bell Laboratories berhasil menemukan lempeng yang sangat tepat untuk digunakan sebagai bahan dasar cikal bakal panel surya. Penemuan yang dilakukan oleh Gerald Pearson, Daryl Chapin, dan Souther Fuller secara tidak sengaja menemukan bahwa silicon yang digabungkan dengan unsur-unsur di dalam logam utama yang dihasilkan dari pross ekstraksi ternyata sensitif terhadap cahaya.
Kisah Sejarah perkembangan sel surya pembangkit listrik tenaga matahari yang sangat menginspirasi

Luar biasanya, hasil penemuan tiga ilmuan hebat ini yang kemudian menjadi tonggak penggunaan dan pengembangan teknologi panel surya sampau saat ini.

Bisa dibayangkan, bagaimana perjuangan para ilmuan diatas, dengan rentan waktu yang cukup lama yaitu 115 tahun demi menemukan tonggak awal dari panel surya yang sekarang banyak digunakan dinegara-negara maju. Ilmu dari Ilmuan awal diteruskan pada generasi berikutnya terus diteruskan ke generasi berikutnya dan terus demikian hingga akhirnya mencapai efesiensi yang baik.

Perkembangan saat ini

Saat ini PLTS atau panel surya sudah berkembang sangat pesat. Dimana cahaya matahari yang diterima oleh panel surya sudah dapat disimpan pada baterai sehingga dapat sisimpan dan digunakan pada saat dibutuhkan.


Di Indoensia, seluruh energi listrik disuplay oleh perusahaan listrik Negara (PLN). Jadi untuk perkembangan panel surya hanya digunakan oleh pribadi.

Sedangkan dinegara-negara maju, sudah menggunakan teknologi PLTS untuk merambah kedunia otomotif, dimana dibuatnya mobil-mobil dengan energi matahari dan danau buatan untuk menampung panel surya yang bertugas sebagai energi listrik di wilayah tersebut.
Kisah Sejarah perkembangan sel surya pembangkit listrik tenaga matahari yang sangat menginspirasi

Selain pada dunia otomotif, dari dunia teknologi gadget dan elektronik juga sudah mengembangkan teknologi panel surya ini. banyak sekali produk-produk yang memakai panel surya sebagai sumber dayanya. Misalnya smartphone, powerbank, dan lain-lain.
Kisah Sejarah perkembangan sel surya pembangkit listrik tenaga matahari yang sangat menginspirasi

Perkembangan-perkembangan terus dilakukan demi mencapai kesejahteraan masyarakat dunia agar tidak lagi menggunakan bahan posil yang tidak ramah lingkungan serta terbatas.

Baca juga : harga panel surya dari yang murah hingga paling berkualitas

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat.

0 Response to "Kisah Sejarah perkembangan sel surya pembangkit listrik tenaga matahari yang sangat menginspirasi"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL