Sekilas tentang mesin ayakan pasir yang sering dijumpai diindustri pembangunan

Sekilas tentang mesin ayakan pasir yang sering dijumpai diindustri pembangunan

Bismillahirohmanirohim

Jarang-jarang saya membahas tentang mesin, apalagi mesin yang tidak ada kaitannya dengan listrik. Mesin ini juga jarang dijumpai dikalangan masyrajat pada umumnya. Namun, jutsru karena alasan tersebutlah saya mulai mencoba menulist tentang permesinan.


Mari perkenalkan mesin ayakan pasir dan mari juga membahas sedikit tentang mesin ini


Sebagaimana kita ketahui dari namanya saja, bahwa mesin ayakan pasir berfungsi untuk mengayak atau memisahkan meterial pasir yang halus dari material pasir yang cenderung lebih besar juga koral dan spilit (kerikil).

Bagis sobat yang bekerja didalam dunia pertambangan pasti sudah mengenal lebih dalam tentang mesin ayakan pasir ini, jauh lebih mengenal malah dibandingkan dengan saya yang hanya mengetahuinya dari Internet. Hehe

Jadi bagi para master silahkan berkomentar tentan mesin ayakan pasir ini.

Pada umumnya, orang-orang bangunan yang biasa kita lihat ketika membangun sebuah rumah tidak pernah menggunakan alat ini. mereka hanya bermodalkan ram besi yang biasa dibeli bi toko bangunan.  Teknologi mesin ayakan pasir ini memang maju pesat baru-baru ini. jadi jarang orang menganalnya


Yuk kenalan

Mesin ayakan pasir atau mesin pengayak pasir atau bahasa kerennya sand screens mengkin sudah sedikit mengenalnya dan sudah sobat saksikan sendiri bentuknya.

Mesin ayakan pasir kini telah merambah kebidang usaha yang lebih besar, yaitu pertambangan. Didalam bisnis pertambangan ini mesin ayakan pasir berfungsi dan memiliki peran serta andil yang cukup besar. Maka dari itu, kehadiran mesin ini menjadi standarisasi wajib didunia pertambangan.

Mesin ini digunakan pada saat pengeboran minyak buni, sehingga memungkinkan hasil minyak bumi yang didapat sudah terpisah dari pasir. Ada juga yang menggunakan mesin pasir ini di skala lebih kecil. Disini mesin pengayak berfungsi sebagai pemisah antara barang tambang dengan partikel pasir.

Apalagi bisnis pemambangunan. Mesin ayakan pasir ini sudah menjadi alat standarisasi suatu perusahaan yang berkecimpung didunia pembangunan.

Mesin ayakan pasir terbuat dari logam dengan ukuran yang bervariasi itu tergantung pada tujuan penggunaan mesin tersebut. Contoh saja mesin ayakan pasir 1 mungkain hanya mampu mengayak pasir satu grobak secara bersamaan. Sedangkan mesin ayakan pasir 2 bisa mengayak dengan jumlah satu truck sekaligus secara bersamaan.

Pada umumnya, mesin ayakan pasir terbuat dari stanless steel membuat mesin ini anti karat dan kondisinya bisa terjaga. Bahan stanless steel dipilih karena lebih tahan awt ketika terkena gas alam atau minyak mentah. Ini juga memungkinkan mampu menahan korosi kimia dan memastikan usia pemakaianya sangat lama.

Pada kebanyakan Mesin ayakan pasir ini dihidupkan dengan dengan sebuah mesin listrik yang bernama motor listrik. Ada yang 1 fasa, ada juga yang 3 fasa. Ini memungkinkan penggunaannya lebih mudah dan lebih bisa dikontrol

Keuntungan menggunakan mesin ayakan pasir

Keuntungan yang dapat didapat pengguna mesin ini bisa Untuk meningkatkan kinerja yang hasinya lebih cepat dan bagus. Dibandingkan dengan pekerjaan manual dari seorang pekerja yang mengayak pasir dengan ram kawat tentu jauh dalam segi perbandingannya.

Pasir yang diayak oleh mesin ayakan pasir ini akan lebih optimal karena pasir dan kerikil yang tersaring ataupun apaun yang tersaring akan benar-benar benar memisahkannya secara bersih dan tidak tersisa.

Selain itu, sebagai mana telah diinggung diatas bahwa mesin ayakan pasir ini adalah alat utama dan standarisasi bagi bisnis pertambangan yang menjadikan mesin ayakan pasir tidak bisa tergantikan tugasnya.

Macam-macam mesin ayakan pasir

Jika dibedakan menurut cara kerjanya, ada dua jenis mesin ayakana pasir yaitu : Vibrating feeder dan vibrating screen

Vibrating Feeder
Mesin bergerak dan bergerak perlahan. Hasil gerakan menyebabkan pasir-pasir terpental dan jauh disaringan yang ada dibawahnya
Sekilas tentang mesin ayakan pasir yang sering dijumpai diindustri pembangunan

Vibraring screen
Mesin ini bergerak dengan arah melingkar sekaligus menyaring pasir didalmnya
Sekilas tentang mesin ayakan pasir yang sering dijumpai diindustri pembangunan

Sementara itu, ada banyak sekali jenis atau merk mesin ayakan pasir. Salah satunya kaluaran CV Bon Davas. spesifikasi dari mesin ayakan pasir ini adalah rangka screens pipa penggerak 1 PK 1 fasa, rangka dudukan canal U-50 dan siku 50, serta Gear box MSA 60 1 : 60. Mesin ini memiliki kapasitas ayakan 30-40 m3 perhari.

Berikut sedikit foto-foto dari penggunaan mesin ayakan pasir

Sekilas tentang mesin ayakan pasir yang sering dijumpai diindustri pembangunan

Sekilas tentang mesin ayakan pasir yang sering dijumpai diindustri pembangunan

Sekilas tentang mesin ayakan pasir yang sering dijumpai diindustri pembangunan

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermnafaat dan dapat menambah wawasan sobat. 

0 Response to "Sekilas tentang mesin ayakan pasir yang sering dijumpai diindustri pembangunan"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL