Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook mari memilih PC yang sesuai dengan kebutuhan

Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook mari memilih PC yang sesuai dengan kebutuhan

Bismillahirohmanirohim

Semoga sobat selalu dalam lindungann-Nya, dan senantiasa menjalankan perintah-Nya

Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook
Judul diatas seperti pertandingan saja...

Netbook melawan Notebook, laptop? Beranikah? tiga saudara ini memang sangat sulit dibedakan karena memiliki bentuk dan fungsi yang sama.

Ketiganya adalah perangkat serbaguna yang memungkinkan pengguna untuk secara efektif mengakses dokumen-dokumen penting, file, dan situs web tentunya.

Sementara yang pertama adalah Desktop, secara penampilan agak berbeda dari ketiga lawannya tersebut. Namun secara fungsi dan kegunaan, sama saja. Untuk mengolah data, dokumen, internet dan bermain games.


Yang menjadi pertanyaan...

Sobat mau pilih yang mana?

Ini pertanyaan yang sering menjadi hambatan ketika akan membeli barang khususnya barang elektronik yang berbasis pembacaan file ini.

keempatnya memiliki keunggulan masing-masing, sehingga membuat sobat bingung mau pilih ini atau ini atau itu atau bahkan jadi tidak jadi beli dan malah membeli eskrim di sisi jalan

“dari barang elektronik kok jadi ke eskrim!”

Banyak sekali orang yang senasib dengan sobat, mereka bingung untuk memilih antara perangkat Desktop atau laptop dan Notebook or netbook. Diantara Mereka tentu memiliki perbedaan, dan perbedaan ini mungkin yang akan menjadi bahan pertimbangan yang ampuh untuk menghilangkan rasa galau sobat.

Sebelumnya, tahukah kamu perbedaan antara keempat barang tersebut?,,,,

Masih banyak orang yang keliru dengan penampakan keempat Personal computer tersebut. Apalagi membahas tentang Laptop dan Notebook. Mungkin Jika netbook dapat dilihat dari ukurannya yang jauh lebih kecil dan tidak memiliki CD-DVD Room, apalagi dengan Desktop yang memiliki CPU besar, layar, dan senjata tempur lain terpisah dan tidak dilengkapi dengan baterai.

Notebook dan laptop apakah barang yang sama?

  • Banyak orang yang bilang bahwa Notebook itu bahasa inggris, dan laptop itu bahasa indonesia dari barang yang sama. Padahal laptop sendiri berasal dari bahasa inggris. Jika notebook dibahasa Indonesiakan, artinya bukan laptop tapi buku catatan. Sementara untuk laptop sendiri adalah Desktop jingjing.

  • Ada juga yang bilang kalau notebook itu netbook, tidak memiliki CD-DVD room dan memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan laptop. (ini keliru)
  • Ada juga yang bilang bahwa mereka bertiga adalah kakak adek, Laptop kakak pertama dengan ukuran paling besar; Notebook kakak kedua dengan ukuran yang sedang; Dan netbook adalah sibungsu dengan ukuran yang paling kecil.

Sumber informasi dari jalantikus.com

Bukan tanpa alasan, dalam sumber informasi tersebut disebutkan bahwa layar dari ketiga PC ini memiliki ukuran layar yang berbeda. Berikut uraianya

Netbook = 6 – 13 Inci
Notebook = 13 – 18 Inci
Laptop = 18 + inci

Mereka bertiga adalah kakak ade. Tepatnya dari Desktop terlebih dahulu yang beregenerasi menjadi laptop dengan sepesifikasi yang sama tapi ukuran dan bentuk berbeda.

Beregenarsi kembali mejadi notebook dengan sepesifikasi agak dikurangi. dan yang terakhir netbook yang sangat dibatasi karena dikhususkan untuk bermain internet, buku internet (NET BOOK)

  • Ada juga yang bilang bahwa Desktop itu komputer. Diam dan tidak dapat dibawa-bawa, dan Laptop adalah komputer yang dapat dibawa-bawa. Memiliki baterai sehingga dapat menyimpan daya. Laptop dibedakan menjadi 2 jenis yaitu persi besar dengan nama Notebook (buku catatan) dan Netbook (buku internet).

Semua masih misteri. Dan perbedaan pendapat tentang hal itu masih belum ditemukan titik terang diantara peperangan antara pendapat tersebut. Oleh sebab itu, bagi ente yang memiliki ilmu tentang notebook dan laptop, sangat ditinggu komentar baiknya.

Ini penting.. yang saya ketahui, Belum ada informasi yang jelas mengenai hal ini, mungkin dengan adanya komentar dari sobat dapat membantu pemecahan permasalah ini.

Menurut saya pribadi (seorang yang masih pemula dan lagi belajar)

Paling masuk akal adalah pendapat keempat yang mengatakan bahwa Desktop itu yang diam dan laptop adalah yang dapat dibawa-bawa.

Notebook adalah laptop besar dan Netbook adalah Laptop kecil.

Hanya saja karena kebiasaan, akhirnya banyak yang menjadikan Laptop dan netbook berbeda, mungkin....
.....
Sambil mencari kesimpulan, mari kita bahas diantara keempat barang tersebut

Catatan
Data yang akan saya berikan adalah data dari Desktop, Laptop, dan Netbook karena ketiga barang tersebutlah yang memiliki perbedaannya dan mungkin hal ini yang sobat cari ketika membaca artikel ini.



Perbedaan antara Laptop, dan Netbook

Laptop biasanya memiliki layar yang lebih besar. Sementara netbook lebih kecil, lebih mudah dibawa, dan mudah digunakan dimanapun apalagi bila sobat hendak berpergian dan berwisata.

Sobat juga dapat melihat dan mempertimbangkan harga barang. Netbook biasanya lebih terjangkau bila dibanding dengan laptop

Bukan murah yah karena yang murah itu eskrim di sisi jalan yang biasanya dibeli dengan harga Rp. 2000.00

Ketiga senjata ini memang dirancang sangat efisien, canggih, terlebih ketiganya sangat ideal digunakan untuk bekerja, mengolah file, menulis, dan lain-lain.

Manakah yang lebih unggul diantara mereka?

Mudah saja, untuk menjawab pertanyaan tersebut. Untuk masalah fitur, jelas Desktop memiliki keunggulan yang sangat luar biasa. Terlebih perangkat Desktop memiliki kelengkapan dibanding dengan 3 adiknya.

Laptop atau notebook memiliki keunggulan yang jauh dari pada netbook karena laptop memang dirancang 2 kelas lebih canggih dibanding dengan sebuah netbook.

Sementara perbandingan antara laptop dan Desktop hanya pada bentuk dan pengelolaan sumber energi. Untuk fitur sendiri laptop tak kalah canggih dengan Desktop.

Kelebihan dari laptop adalah memiliki baterai dan bentuk yang sangat slim sehingga mudah dibawa tanpa perlu terhubung ke sumber arus listrik langsung.
Hanya saja, dibandingkan sebuah Desktop, komponen pada laptop jauh lebih kecil, oleh sebab itu akan sangat sulit untuk diperbaiki

Perlu dingat, belum tentu sebuah netbook tidak ada unggul-unggulnya dari pada laptop dan Desktop. Buktinya masih banyak yang menggunakan laptop atau notebook.

Berikut ini ada beberapa fitur penting untuk dipertimbangkan saat membuat keputusan untuk memilih diantara netbook, laptop dan notebook.

Kecepatan mengolah data

Mana yang lebih cepat untuk megolah data?

  • Kelebihan dari sebuah Desktop adalah mudah diotak atik dan memiliki komponen yang besar-besar didalamnya, sehingga memudahkan pengguna untuk mengoptimalkan kenerja dari Desktop tersebut. Desktop ada bermacam-macam, ada yang lamban dan ada yang perpeforma sangat luar biasa.


  • Dalam masalah kecepatan, sebuah laptop meyuguhkan keunggulan dalam hal prosesor dan memori yang lebih besar dan berkualitas dibanding dengan Netbook. Oleh karena itu, sebuah laptop dapat dengan mudah menjalankan sebuah aplikasi dan games yang berat.


  • Sementara itu, Netbook tidak menawarkan banyak memori. Karena pada dasarnya sebuah netbook digunakan untuk berselancar di internet. Jadi bermain games berat pada netbook sangat sulit dilakukan


Hard Drive Space

  • Sebagaimana disebutkan diatas, sebuah Desktop dapat memiliki performa yang luar biasa, ada juga Desktop yang berpeforma seperti netbook.


  • Laptop atau notebook menawarkan lebih banyak ruang untuk pengguna, yang memungkinkan untuk pengoptimalan dan pengeditan audio musik, berkas, dan penyimpan gambar


  • Sementara itu, ruang hard drive terbatas pada netbook. Dengan kata lain, sebuah netbook kurang cocok digunakan sebagai media penyimpanan data


Ukuran manakah yang lebih elegan

  • Desktop tidak berperan disini karena perbedaannya sangat jauh diantara ke-2 lawannya

Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook
gambar desktop yang diambil dari google

  • Dari segi ukuran, tentu laptop meyuguhkan keyboard dan layar yang besar, sehingga memudahkan sobat dalam menggunakannya baik itu untuk mengolah data atau bermain games. Namun karena ukurannya yang besar bisa dibilang laptop ini sulit dibawa alias berat dan melelahkan alhasil, sebuah laptop lebih sering digunakan diatas meja seperti halnya Desktop.

Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook
gambar laptop diambil dari google

ini untuk notebook
Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook
gambar dengan kata kunci Notebook
  • Sementara itu, netbook dikenal lebih murah dan merupakan alternatif yang sangat efektif bagi sobat yang hanya memerlukan sebuah PC untuk browsing. Mudah dibawa kemana-mana, simple, sehingga akan sangat menguntungkan. meskipun disisi lain sebuah netbook memiliki layar dan keyboard yang lebih kecil tidak membuat netbook sulit digunakan. Coba saja

Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook
gambar dengan kata kunci netbookj

  
Harga yang paling pas dikantongmu yang mana?

Untuk membedakan harga, saya sajikan daftar harga PC dengan satu mErk ternama. Ini dimaksudkan agar perbandingan dapat terlihat.

Berikut uraianya...

Untuk sebuah set Desktop yang bagus dibandrol dengan harga paling mahal

  • HP Desktop Pavilion 23-b220I

Prosesor Intel core i5 3470S, RAM 4 GB DDR3, Harddisk 1 TB, Monitor HP LCD 223” WXGA, plus DVD RW
Dengan harga Rp. 8.599.000

Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook



Laptop dengan fitur-fitur yang diunggulkannya tentu memiliki harga yang mahal dibanding dengan netbook yang serba terbatas

  • HP PAVILION 14-B174TU SLEEKBOOK

Prosesor Pentium 987 1.5Ghz, RAM 2 GB, Harddisk 500 GB, camera, bluetooth, DVD, Monitor Intel HD LED Touch Screen
Dengan harga Rp. 4.300.000
Dan harga dari sebuah Netbook sangat menawan dan menarik sakali
Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook

  • HP MINI 110

Prosesor Intel Atom N550 1.5Ghz, RAM 1 GB, Harddisk 250GB, monitor Graphics Processor Intel GMA3150, layar 10.1 inch, bluetooth, LAN, Wifi
Dengan harga Rp. 1.757.000

Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook
Setelah melihat daftar harga diatas, sobat dapat meyimpulkan sendiri mana yang cocok buat sobat. Dapat dilihat juga, ternyata Desktop dengan segala kelebihannya paling mahal diantara kedua temannya.

Asal sobat ketahui pula, bahwa saya mengambil rata-rata harga dari daftar harga setiap barang. Karena ada juga harga barang yang hampir 20.000.000.

Catatan
Daftar harga diatas, sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan spesifikasi dan daerah tempat tinggal sobat

baca juga : Apa itu Resistor?

Kesimpulan

Untuk menentukan pilihan sobat, sesuaikanlah dengan kebutuhan sobat sendiri. Jangan membeli sebuah netbook dengan tujuan untuk bermain games karena tidak akan optimal. Jangan membeli sebuah desktop bagi sobat yang pecinta traveling. Belilah sebuah barang dengan kegunaan yang pas dan harag yang pas pula. Sering-seringlah bertanya dan mecari informasi sehingga membuat sobat membulatkan tahu, maksud saya membulatkan tekad untuk membeli barang yang tepat untuk sobat.


Demikian artikel ini ane tulis. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membatu masalah sobat

1 Response to "Desktop VS Laptop VS Notebook VS Netbook mari memilih PC yang sesuai dengan kebutuhan"

  1. kalau untuk jangka panjang bagusnya sih laptop gan, apalagi untuk kerja berat seperti grafis dll, tapi kalo cuman buat ngetik ya netbook aja
    informasi sewa rental laptop
    http://sewalaptop.id

    ReplyDelete

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL