4 Jenis Pompa dasar beserta penggunaannya

4 Jenis Pompa dasar beserta penggunaannya

Bismillahirohmanirohim

Pada kesempatan kali ini ane akan membahas mengenai 5 jenis pump. Pump (pompa) adalah sebuah alat yang bisa memompa atau memindahkan air, atau udara dan bahan yang bisa dipompa lain dengan menggunakan tenaga mekanik.

Misalnya saja pada pompa air yang sangat umum digunakan disekitar kita, yang dapat memompa air dari sumber air menuju penampungan sehingga air tersebut dapat digunakan oleh kita.

Pada dasarnya, ada tiga kelompok utama pompa yaitu : memompa secara langsung, memompa untuk Memindahkan, dan memompa melawan gaya gravitasi. Dari ketiga kelompak tersebut, terbagi lagi menjadi beberapa jenis pompa, masing-masing pompa memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Tulisan kali ini akan bermanfaat bagi sobat yang hendak membeli sebuah pompa, sehingga sobat mengetahui jenis pompa seperti apa yang sobat butuhkan.

Disaat membeli pompa, sobat harus memastikan untuk menilai apa jenis pompa yang harus dibutuhkan, serta fitur-fitur apa saja yang akan membantu sebuaa pekerjaan. Sobat dapat melihat jenis pompa secara online untuk menentukan jenis pompa yang tepat.


4 Jenis Dasar Pompa

Hal ini penting diketahui bagi sobat untuk memiliki Ide yang baik dari setiap jenis pompa dan mempermudah untuk memutuskan mana yang terbaik untuk kebutuhan sobat.

Pompa Vacuum

Pompa Vacuum adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan meolekul-molekul gas dari dalam ruangan tertutup untuk mencapai tekanan vacuum. Pompa ini menjadi komponen penting di beberapa industri besar semisal pabrik pemurnian oli, pabrik elektronik, hingga alat-alat kesehatan seperti radioopharmacy, radiotheraphy dan radiosurgery.
4 Jenis Pompa dasar beserta penggunaannya vakum pompa
vakum pompa

Ada 3 metode umum bagaimana sebuah pompa vacuum ini bekerja, yaitu Positive Displacement, Pompa Momentum Transfer, dan Pompa Entrpment.

Mari kita bahas satu persatu

Positive Displancement adalah pompa yang menggunakan cara mekanis untuk mengekspansi sebuah volume secara terus-menerus, mengalirkan gas dari pompa tersebut, men-sealing ruang volume sistem, dan membuang gas ke luar

Salah satu pengaplikasian pompa ini adalah pada pompa air manual yang bertugas untuk mengangkat air dari dalam tanah dibentuk ruangan vacuum pada sisi keluaran air, sehingga air dapat terhisap naik keatas.

Contoh lain dapat sobat temukan pada Rotary vane pump, External vane pump, pompa diafragma, Liquid ring pump, Piston pump, Roots blower dan lain-lain

Pompa Momentum Transfer adalah pompa yang menggunakan sistem jet fluida kecepatan tinggi, atau menggunakan sudu putar kecepatan tinggi untuk menghisap gas dari sebuah ruangan tertutup.
Sesuai dengan hukum fluida, molekul fluida yang berada pada tekanan atmosfer akan saling mendorong dengan molekul fluida tetangganya dan mencptakan aliran fluida. Fenomena ini yang menjadikan dasar penggunaan pompa vacuum momentum transfer.

Contoh penggunaan pompa mementum transfer ini adalah pompa difusi dan pompa turbomolecular

Pompa Entrapment (dalam bahasa bahasa indonesia artinya jebakan) adalah pompa yang menggunakan suatu zat padat atau zat adsorber tertentu untuk mengikat gas di dalam ruanngan tertutup. Pompa jenis ini menggunakan metode-metode kimia ataupun fisi untuk mengikat fluida dengan tuhuan menghasilkan tekanan vacuum.

Macam-mcam pompa vacuum entrapment yaitu Cryopump, pompa kimia, dan pompa ionisasi

Pompa air

Sesuai dengan namanya, pompa air adalah alat yang digunakan untuk memompa, memindahkan atau mengangkat air dari sumber air pada penampungan atau memindahkan air dari rauangan 1 ke ruangan yang lain.

Ada banyak sekali parian dari pompa air ini dari mulai untuk menyedot air, menyemburkan air dan masih banyak lagi. Bisa sobat baca pada artikel berikut
4 Jenis Pompa dasar beserta penggunaannya pomp air
pompa air



Pompa sampah
Pompa sampah ini paling umum digunakan untuk memompa air limbah. Pompa ini sering juga digunakan untuk memompa basement kamar mandi keruangan pembuangan. Air limbah itu sendiri dapat berupa zat padat, zat cair dan zat gas.

Syringe Pump
Pompa sampah ini digunakan untuk membersihkan cairan tertentu pada interval waktu yang telah ditentukan. Penarikan pompa akan secara otomatis menghisap cairan tertentu.

Pompa sanitary
Pompa jenis ini lebih sering digunakan tempat tempat pembuatan makanan dan minuman. Pompa ini dapat membantu mengelola makanan dan bahan-bahan lain yang membutuhkan tingkat sanitasi tinggi
4 Jenis Pompa dasar beserta penggunaannya pompa sampah
pompa sanitary

Progresif cavity Pump
Pompa ini digunakan untuk memisahkan lumpur dan cairan serta padatan dalam suspensi. Cairan biasanya dipindahkan ke tangki penyimpanan menggunakan pompa sampah melalui pipa.

Positive Displancement
Pompa ini digunakan untuk memindahkan cairan melalui kekuatan mekanik. Pompa jenis ini menggunakan tenaga piston, roda gigi, dan diafragma, dan berdaya melalui hidrolic, air, dan panel surya


Pompa hidrolic
Sistem hidrolik adalah suatu sistem pemindahan tenaga dengan menggunakan zat cair atau fluida sebagai perantara. Pompa hidrolik digunakan dalam sistem penggerakan hidrolik. Pompa hidrolik terbagi menjadi dua bagian, yaitu Hidrodinamika dan hidrostatistik.
4 Jenis Pompa dasar beserta penggunaannya hidrolik

Pompa hidrolik terbagi menjadi 6 macam yaitu : Pompa gigi, Rotary Vane Pump, Screw pump, bent axis pump, axial piston pump dan radial piston pump


Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat terlebih dapat membantu masalah sobat. Jangan lup share artikel ini

0 Response to "4 Jenis Pompa dasar beserta penggunaannya"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL