memperbaiki keyboard ekternal USB yang rusak

Berbagi pengalaman memperbaiki keyboard ekternal USB yang rusak

Bismillahirohmanirohim


Pada kesempatan kali ini saya hanya akan berbagi mengenai pengalaman pribadi pada saat sedang memperbaiki keyboard USB yang rusak. Rusak bagaimana? Sebelum lebih lanjut saya akan menjelaskan sedikit tentang proses kerusakan pada Keyboard ekternal USB tersebut.

Pada hari sebelum terjadi kerusakan ini, tepatnya jam 12 siang. keyboard tersebut saya pinjamkan pada teman saya dengan alasan untuk menulis lamaran pekerjaan dan membuat email tanpa meminjam PC saya, karena saya enggan meminjamkannya dengan alasan takut rusak.

Sore harinya saya berencana membawa keyboard itu. Ternyata keyboard tersebut masih digunakan oleh dia dan diapun belum mengerjakan apapun. Rasa kesal memang terdapat pada diri saya. Tapi Yah, mungkin karena diri saya yang terlalu baik, akhirnya saya membantunya. hehe

Dan parahnya lagi, pada akhirnya sayapun meminjamkan PC dan membantu mengerjakan tugasnya tersebut.

Singkat kata, pada proses pekerjaan tersebut keyboard yang saya gunakan mulai mengalami gejala, dari batuk, pilek sampai mutah-muntah.....

Malam yang gelap dan dingin berlalu. Pada saat subuh tiba, saatnya saya memulai aktifitas saya didunia internet, dari mulai chating sampai membuka Blog butut ini, namun pada saat saya hendak membuka blog dan berencana menulis. Keboard saya benar-benar Mati total.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pegalaman tentang bagaimana saya harus berusaha memperbaiki keyboard ekternal USB yang rusak.

Awal perbaikan saya hanya dibekali dengan satu buah senjata saja, yaitu Obeng. Perbaikanpun diawali dengan membuka baud-baud yang menutupi body belakang pada keyboard agar terlihat susunan dalam keyboard tersebut. Setelah saya lihat, ternyata kerukusakan tersebut disebabkan oleh semua kabel menuju sirkuit eketronik  terputus.

Awalnya saya bingun “kok bisa, semua kabelnya terputus begitu saja?”. Tanpa pikir panjang saya mulai melakukan kebiasaan sebelum melakukan perbaikan, yaitu search di google berharap ada tutorial cara memperbaiki Keyboard ekternal USB khusuya memperbaiki keyboard yang mati total atau tidak mau berfungsi.

Pada saat penelusuran dilakukan, saya menemukan hasil, diantaranya :
Dan masih banyak lagi bro

Setelah itu saya mulai membaca semua artikel yang saya temukan itu berharap ada solusi yang saya dapatkan. Karena yang saya baca pertama kali adalah artikel cara Konversi keyboard PS/2 ke USB. dengan melihat perubahan jalur kabel dari PS/2 pada slot USB seperti berikut :
memperbaiki keyboard ekternal USB yang rusak konversi



Karena memang saya agak lemah dalam dunia elektronik apalagi USB sistem. Saya putuskan untuk mencoba praktek dengan menghubungkan kabel sesuai warna pada sirkuit. Yaitu merah untuk VCC, hijau untuk C (pada saat itu tidak ada D+), putih untuk D- dan hitam untuk G

Solder Timah dan Avometer sangaja saya bawa di Toko service elektronik miliki ayahada.
Singkat cerita, proses solder telah dilakukan. Saya tutup rapat rapat bagian body belakang Keyboard dan proses test dilakukan dengan memasangnya langsung pada PC.

Dan hasilnya .... .... .... keyboard ekternal USB saya berhasil hidup kembali. Namun, pada saat pengecekan dengan menekan tombol, ada yang hidup dan ada yang mati, ada juga yang tidak sesuai misalnya O jadi N dan lain-lain. Ada apkah gerangan

Disana saya mulai berpikir, mungkin D+ dan D-nya terbalik.

Saya mulai mempraktekan apa yang ada pada artikel sudah tahu cara kerja skema, dan jalur port USB. disana saya melihat gambar seperti ini :
memperbaiki keyboard ekternal USB yang rusak USB

Setelah itu pengecekan dengan menggunakan Avometerpun dilakukan dimana pada pengukuran tersebut ada kesalahan posisi kabel dengan kabel merah dari USB saya berada pada posisi hitam dan posisi hitam ada pada posisi merah. Oleh karena itu saya coba membalikan posisi kedua kabel tersebut sekaligus membalikan kabel putih dan hijau dengan berharap kesalahan tekan misal O jadi N dan sebagainya jadi benar.

Pengerjaan penyolderan dilakukan. Penutupan dan kemudian pengecekan. Namun hasilnya lebih parah dari sebelumnya yaitu benar-banar mati total.

Pusing, bingung, dan penasaran bergejolak dihati. Setelah itu saya coba membalikan kembali kabel merah dan kabel hitam pada posisi semula sebagaimana posisi awal tadi dan dicoba kembali

Namun hasilnya masih belum ada titik pencerahan. Saya langsung mecoba membalikan D- dan D+
Singkat cerita pengecekan dilakukan dan hasilnya berhasil dengan posisi awal semua perbaikan. Tidak tahu bagaimana hasilnya berhasil dan Keyboard saya kembali Normal.


Alhamdulillah


Kesimpulan

Untuk memperbaiki kerusakan pada Keyboard USB yang mati total, disarankan untuk memeriksa bagian kabel barangkali ada yang terputus. Jika telah yakin kabel ada yang terputus seperti apa yang saya alami.
memperbaiki keyboard ekternal USB yang rusak


Kesalahan yang saya lakukan


Jangan salah mengambil referensi karena hal tersebut dapat merugikan pekerjaan dan merusak komponen yang sedang sobat perbaiki. Siapkanlah terlebih dahulu AVO meter dan alat-alat penunjang.

0 Response to "memperbaiki keyboard ekternal USB yang rusak"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

Sindikasi techno.okezone.com

terima update Blogku dengan EMAIL